Senin, 16 Maret 2015

KAPISTA


Salah satu program beladiri yang ada di Jakarta Martial ArtsAcademy adalah Kapista – Sistem Beladiri Maluku yang dalam Bahasa Inggris diartikan sebagai ‘Moluccans Fighting System – Kapista’.

Pada kisaran tahun 2011, diawali dengan keinginan parafounder nya yaitu Michael Sahertian dan Muhtar Waesaleh (Michael Sahertian merupakan murid Ju Jitsu dari Muhtar Waisaleh) untuk memberikan suatu sistempelatihan beladiri yang tepat pada sasaran tanpa mengesampingkan filosofi dasardari beladiri itu sendiri, maka dibentuklah KAPISTA (atas saran Saudara ChelloHekkers). Kapista sebenarnya adalah ungkapan ejekan bagi perempuan di daerahMaluku yang menunjukkan bahwa perempuan tersebut sangat-sangat ‘bocor’.


Kira-kira di pertengahan tahun 2014, Michael Sahertian bertemu dengan Saudara Galih Iman, dimana Galih Iman adalah seorang praktisi silat yang walaupun usianya masih terbilang muda tetapi sudah melakukan riset tentang berbagai aliran silat di tanah air.



Pertemuan tersebut menyadarkan Michael Sahertian akan pentingnya melestarikan budaya bangsa dalam hal ini beladiri, sehingga setelah melakukan konsultasi dengan Muhtar Waisaleh sebagai salah satu pendiri Kapista, dilakukanlah beberapa modifikasi dan perubahan baik dalam teknik, logo maupun nama dari Kapista itu sendiri yang dilakukan setelah kepulangan Saudara Michael Sahertian dari Tanah Negeri Samasuru Amalutu Poru Amarima untuk meminta ijin dari  Bapa Raja Negeri serta Bapa Kepala Soa Sahertian untuk melestarikan budaya Maluku, maka pada tanggal 15 Februari2015, secara resmi KAPISTA dinyatakan oleh para Founder nya sebagai Sistem Beladiri Maluku yang Pertama Kali di perkenalkan bagi Indonesia dan dunia, dimana di dalam KAPISTA itu sendirimerupakan perpaduan dari unsur beladiri yang terkandung dalam tarian Cakalele dari Maluku dengan unsur silat Macan Ngawahan dari Jawa Barat, dengan begitu secara langsung Saudara Galih Iman merupakan salah satu dari Pendiri KAPISTA - SISTEM BELADIRI MALUKU.

Berikut adalah perubahan nama dan teknik2 yang terkandung dalam Kapista mulai dari tahun 2011 s/d 2015 :

Pertengahan tahun 2011 merupakan tahun awal berdiri dan disebut sebagai KAPISTA sebagai kependekan dari Kombat Art for Protection Against Random Attack dengan format teknik menekankan pada Sistem Beladiri Praktis dan "Close Quarter Combat" menggunakan tangan kosong dan 'alternate weapon' saat itu KAPISTA adalah penyederhanaan dari teknik-teknik Ju Jitsu digabungkan dengan teknik-teknik dasar tinju.

Pada awal 2012 - pertengahan tahun 2013, KAPISTA menjadi 'Kapista Combat Art'

Kira2 di pertengahan tahun 2013 menjadi Kapista - Hybrid Fighting System

dari tahun 2011 sampai tahun 2014 walaupun terjadi perubahan nama tapi tidak ada perubahan dalam teknik dan pola latihan.

November 2014 sudah terjadi sedikit perubahan dimana unsur budaya Maluku dalam tarian Cakalele mulai masuk dan unsur Silat Macan Ngawahan mulai masuk.

15 Februari 2015 - Logo Baru diperkenalkan kepada umum sekaligus mengukuhkan sebagai Sistem Beladiri Pertama dari Maluku yang diperkenalkan kepada masyarakat luas dan mempergunakan nama 'Sistem Beladiri Maluku - KAPISTA' ATAU 'Moluccans Fighting System - KAPISTA'
Source :https://www.facebook.com/notes/michael-sahertian/moluccans-fighting-system-kapista/10153054717348405