Rabu, 20 Mei 2015

Pulau Pombo Pulau Indah yang Harus dikunjungi

Pulau Pombo (source : https://telukambon.wordpress.com)
Pulau Pombo adalah sebuah pulau yang bisa kita kunjungi ketika kita ke Ambon. Pulau kecil yang terletak diantara pulau Ambon dan Pulau Haruku dapat diakses dari beberapa tempat seperti Desa Waai, Tulehu atau Liang.


Pulau ini tidak berpenghuni namun beberapa warga sering menyinggahi pulau ini dalam aktifitas keseharian mereka. Pulau ini berada dalam pengawasan Badan Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Maluku jadi jika ingin melakukan aktifitas disini sebaiknya mengurus ijin di Instansi ini.

Adapun yang menjadi alasan diberi nama Pulau Pombo karena pulau ini merupakan habitat endemik yakni burung Pombo, sejenis Merpati. Pombo pun jika ditelusuri berasal dari bahasa Portugis yang berarti Merpati.

Akses menuju pulau ini dengan menggunakan kendaraan umum jurusan Ambon - Liang, anda dapat memilih berhenti di Tulehu, Waai atau Liang. Dari ketiga desa ini anda dapat menyewa Boat yang berkisar Rp. 300.000,- s/d Rp.400.000,- sesuai dengan jumlah angkut boat tersebut. Waktu yang ditempuh ke pulau ini sekitar 15-20 menit.

Oh ya jika anda berkunjung kesini di Pulau ini tidak tersedia sumber air bersih jadi jangan lupa untuk membawa persediaan air minum.

Pulau Pombo (source : https://telukambon.wordpress.com)